Tuesday, March 11, 2008

Pelajaran Agama a la Anak Nongkrong

Seperti biasanya, malam tadi saya pulang di atas jam 9 malam. Hari ini, saya sedikit buru-buru sebab dititipi amanah dari istri saya untuk membeli sedikit perlengkapan dan susu buat putri -putri kami.   Dan alhamduliLlah saya bisa penuhi amanah itu dengan mudah di sebuah minimarket,masih di jalan raya ciledug..

Tapi terus terang sih ini bukan soal belanjanya. Ada sebuah kejadian istimewa bagi saya, justru setelah itu..

Karena lutut saya yang terluka baru sembuh, saya butuh waktu yang lumayan lebih lama dari orang kebanyakan untuk bisa duduk siap di atas kendaraan roda dua saya. Nah, waktu yang agak lama itu, cukuplah bagi saya untuk mendengar percakapan dua atau tiga orang anak nongkrong -yang baru saja habis memainkan  gitar- yang duduk di bangku Abang Bakso di sudut parkiran.


"...gua kagak demen nyanyi lagu rohani gara-gara beginian, neh.. "

Karena dia bicara lagu rohani, saya jadi ingat sama lagu yang tadi dimainkan --yang tadinya malah ngga perhatian-- Lagu itu biasa disebut "Betapa Hatiku".
Rupanya anak-anak ini tadi habis bernyanyi lagu gereja.. Tumben nih ada anak nongkrong nyanyi lagu rohani hehehe
lagu gereja pula

"..perasaan, gua nyanyi ini lagu kesindir mulu, dah.." remaja yang suaranya paling keras itu  masih saja cur-hat.

*Halah, ini motor kenapa ngga bisa distarter yah ? apa yang salah yah ?*
*setengah maksa pijit2 tombol starter*

"..amal kagak ada, boro-boro harta.. giliran mau korban bodi, lah badan gua udah kagak ada bagus-bagusnya begini.. bekas narkoba, bekas peminum, nah dorong mobil aja kagak kuat, kale..  perasaan susah amat yak  gua mau jadi orang bener, doang ?" lanjutnya, disambut derai tawa teman-temannya..

Terus terang, saya saat itu sedang capai menyendal starter kaki dan.. tetap ngga hidup ;p
Ya sudahlah.. saya duduk dulu lah, beli minum botol..  Lagian, kayaknya asyik juga nih obrolan.. 
*nguping mode on*
Lagu tadi sebenarnya bercerita tentang seseorang yang berterima kasih pada Tuhan. Ia ingin menyenangkan Tuhan tapi ngga punya apa-apa, maka ia ingin menyumbangkan badannya biarlah digunakan oleh Tuhan sebagai alat-Nya di dunia. Lagu ini kebetulan salah satu favorit saya, dulu sih, waktu masih memeluk nasrani.  Ngga nyangka aja bisa ketemu anak nongkrong yang nyanyi lagu ini.. hehehe.. 

"Udeh, kagak usah dipikirin.. Ganti lagu aja, dah, " salah satu temannya mencoba mengalihkan perhatian
"Hayuk, dah.. Tadi lagu gua udah, sekarang elu-elu pada dah.. Opik ? Bimbo ?"
"Tumben, ini malem elu religius banget, " sahut teman-temannya, "Ya udah, Bimbo aja, dah.. yang gua apal chord-nye.."

Nah kan bener ini anak-anak nongkrong bukan anak-anak biasa.. Keren juga pilihan pertama langsung Bimbo.. Tapi mungkin seperti kata anak-anak itu, "biasanya ngga sereligius ini .."
*
halah..! under estimate..!*

Dan mengalunlah lagu Rindu Rasul, kali ini anak yang lain yang menyanyi perlahan..
"Rindu kami padamu, ya Rasul.."

Bagus juga suaranya. Petikan gitar mereka juga ngga asal. Salut.. Ngga nyesel dah nongkrong kalo kayak begini, mah..

Saya berdiri, mau mencoba menstarter kembali motor saya yang ngadat.

Eh lho.. kok tinggal suara gitar ? Kemana yang nyanyi..?

Kepingin tau, saya menengok juga ke arah anak-anak itu.  Rupanya penyanyinya kini terdiam..

"Eh, elu kenape, Coy..?! Jangan nangis di sini, woi.."  teman-temannya mulai menggoda

Si anak yang menyanyi membuat gerakan menunjuk, "Elu sih tadi.. pake nyanyi lagu rohani segala.. Giliran gua dah tuh kesindir.. "


*Lah, kok pada ngerasa kesindir semua ?? Jadi pengin tau nih..*
*ada yang merhatiin gak yah, saya lama banget berdiri megangin motor ngga ngapa-ngapain hihihihi*

"Emangnye elu kesindir, Coy ?" tanya anak yang menyanyi awal-awal tadi

"Iye. Sekarang gua jadi kepikiran kayak elu dah.. Ini lagu, ye.. gua tadi kangenn banget sama Rasul..Ude kayak anak-masjid aja dah gua nih.."

Sekarang semua gitar jadi berhenti suaranya.
"Terus ?"
Anak yang *kayaknya betulan* mau menangis itu melanjutkan, "Masalahnye.. iye gua nih, iye kangen ma Rasul.. Tapi, Rasul kangen kagak ma gua, nah gua pan shalat kagak bener, amal kagak ada, boro-boro mampu ngikutin sunnah kayak anak-anak mesjid, Coy.. "

Suasana jadi hening. Selama beberapa saat ngga ada yang bersuara, hanya suara kendaraan lalu lalang di jalan saja yang membuat suasana tidak hening betul.

"Gua jadi mikir.. Apa pantes gua ntar ketemu Rasul sama Alloh pas hari akhir. Nah guanya masi kayak begini..?!"
.....

.....
Saya ngga tau, anak itu jadi menangis atau tidak.
Motor saya menyala.
Saya langsung naik dan pergi --bahkan sampai lupa bayar tip parkir--

Sekarang, saya yang merasa mau menangis..


Apalagi saya, Dik.. Apalagi saya..
Sebelum ini saya malah ngga kepikiran kayak kalian, Dik..
Sekarang, malah saya yang ingin menangis..

       Ya Alloh Gusti, nyuwun pangaksami,
       sampun dangu kula tinggalke agami,
       infaq shadaqah, lan kitab suci..
       Nyuwun tuntunan wa Billahi Rabbi..
       ( potongan syair Emha Ainun Najib, lupa lagunya, album Ilir-Ilir )

 
Bintaro Coret, 11 Maret 2008  01:18
ari ams latoeng -- yang masih ngga bisa tidur gara-gara nguping tadi

8 comments:

  1. Subhanallah, semoga mereka beroleh hidayah-Nya...

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, obrolan sederhana bisa menuntun orang. Semoga mereka beroleh hidayah-Nya. Amien

    ReplyDelete
  3. jarang bener kita bisa nguping yang seperti ini ya Mas ...

    suatu kebetulan yang sangat bermanfa'at

    semoga kita selalu inget kepada NYA

    ReplyDelete
  4. amiyn.. dan semoga tiap-tiap orang cenderung menguat "eling" sama Alloh, semoga apapun yang kita lakukan dan katakan, semua mengingatkan kita sama Alloh, amiyn

    ReplyDelete
  5. aamiyn.
    saya terus terang lebih merasa kesindir kok Mbak, lha saya yang punya waktu, kesempatan, dan teman-teman yang relatif "aliym" insya Alloh lebih banyak dari kawan-kawan ini, kok malah ngga kepikiran kayak begitu..

    mudah2an kita semua cenderung mendekati-Nya ya Mbak, insya Alloh..

    ReplyDelete
  6. subhanallah.. smoga mereka senantiasa dalam bimbingan-NYA... aamiin.. tfs mas..

    ReplyDelete
  7. aamiyn.. (byw ini ngga jauh dari petukangan/ulujami lho lokasinya..^^)

    ReplyDelete