Monday, April 1, 2013

Blessing in Disguise


SUDAH BEBERAPA HARI ini saya kepingin banget makan kue barongko, penganan asal kota makassar dibuat dari sari pisang dan santan dibungkus daun dan dikukus.

Mengetahui ia dijual di salah satu rumah makan Lautan apaa gitu (asuhan) Daeng Naba di Blok S, saya dan istri pergi ke sana. Tetapi ternyata habis.   
Lalu kami pergi lagi ke lokasi Daeng Naba lainnya di Ampera (Raja Lautan?), ternyata di situ malah tidak jualan barongko.   
Yasutralah, karena memang niat nyarinya barongko, maka pergilah kami mau cari ke tempat lain
::padahal udah sempat di situ ga sengaja papasan dengan teman SD, bu dokter Vivien, segala di sana --ini apa hubungannyaaa, coba ?!

Karena memang diniatkan pergi cari barongko sembari kepingin numpang shalat di Masjid At Tiin TMII, maka bergeraklah kami ke arah sana dengan berbekal informasi kawan, yang mana katanya tidak jauh dari perempatan Tamini Square ada rumah makan makassar yang cukup lengkap. Tapi ternyataaa... tidak ketemu juga. 
Akhirnya, kami keterusan.. dan sampailah kami akhirnya di Pusat Grosir Cililitan (PGC).

Kesal ? So pasti
Capek ? Iyalah, macet jeh :p
Ini sepertinya mengesalkan ya ? Barongko sepertinya ngga kesampaian, Ashar di At Tiin pun sepertinya ngga dapat juga.

Karena toh alarm adzan ashar sudah berbunyi, kami niat masuk saja ke PGC, sembari gegetun komat kamit ngomel ngomel dalam hati.   Eh.. ndilalah kok pintu masuknya terlewat sehingga kami harus masuk ke gedung parkir, langsung ke lantai 5.. Dan eh lha kok lantai 5 penuh disuruh naik lagi ke 6.  Di lantai 6 yang kosong, gokil, ternyata saya salah belok malah naik lagi ke rooftop (lantai A katanya)..
Kali ini ngga cuma saya yang ngomel, istri saya juga ngomel..
Tapiii.. mendadak, kok saya merasa tenang ya ?! 
Mendadak saya kepikiran "Segala Sesuatu Terjadi karena Sebuah Alasan". Jadi, dengan santainya saya malah bilang, "Yah, kalo terlewat kan tinggal turun.." 

Masih di atap PGC itu, mendadak mata kami terpaku pada sebuah bangunan yang ada..  
Itu masjid. 
Ngga megah, ngga mewah, tapi itu masjid cukup besar dan (herannya) kami merasa masjidnya teduh..
Yang ada kami berhenti di situ dan langsung menunaikan shalat ashar. 
Beruntung karena pengunjung sangat banyak, meski ketinggalan jamaah utama pas awal waktu, tetapi ada aja jamaah shaf sehingga kami terhitung berjamaah.. AlhamduliLlaah. Selesai shalat, suasana batin saya dan istri kok ya mendadak jadi ringan dan tenang :D

Luar biasa. 
Kenapa luar biasa ? Karena bayangan saya mushalla di pertokoan itu ruangan yang gimanaa gitu, Tergantung landlord-nya juga sih: Ada yang baguuus banget. Ada juga yang asli ngga kerawat sampe karpetnya pun bau saking ngga pernah dirawatnya :(
Tapi yang ini.. masyaa Allah.. ini masjid, loh bro..  Asli masjid di atas bangunan "mall"..

Oke, tuntas sudah satu niatan.

Mumpung sudah di PGC, saya ajak istri ke bagian foodstreet nya, disebutnya Halte Walk kalo ngga salah.

E ternyata, yaolooo..  saya malah menemukan kedai masakan makassar di sana, lengkap dengan kue-kue barongko, jalangkote, dadar gulung, sampe otak-otak.. es pisang ijo, pallu butung, sampe es kacang merah.. makanan mulai dari coto, konro, aneka ikan bakar, pallu mara, sampe sop sodara yang asli susah sekali menemukannya di Jakarta ini..



Jujur ya, saya jadi semakin percaya bahwa 
1) Segala sesuatu terjadi karena (atau untuk) sebuah alasan
2) TUHAN menyiapkan akhir yang indah untuk kita --bila kita percaya ^ ^

Kalo barongko di tempat yang kami tahu biasa jual tidak habis, mungkin saya ngga tau di atas tempat ini (meski saya biasa ke sini --transit antar jalur busway-- ngga pernah ke atas-atas) ada masjid yang cukup bagus, dan image saya tentang tempat ibadah di mall/pertokoan masih buruk.

Kalo ngga kayak gini, mungkin saya malah ngga kebagian barongko sama sekali. Malah jadi ngga pernah nikmatin sop sodara di luar sulawesi.

Dan kalo ngga kayak gini, mungkin titipan tas anak saya yang rusak parah harus saya beli dengan harga yang mahal (dimana akhirnya saya dapat di PGC setengah harga dari pertokoan dekat rumah)..

Mungkin inilah yang disebut Blessing in Disguise.
Enggak tau juga, deh.  Makanya saya bilang mungkin.

Jadi kepikiran dengan masalah saya yang lain.
Mudah2an demikian juga.

Saya yakin TUHAN menetapkan segala sesuatu karena atau untuk sebuah alasan yang ujungnya indah bagi saya. 
TUHAN, saya percaya..
Aamiyn.

No comments:

Post a Comment