Monday, March 12, 2007

Papa Marah (bagian ke-2)



 





Malam itu minggu
lalu, ada sesuatu yang “lain” pada putri kami yang nomor dua, Annisa (2,5 tahun).
Waktu sudah menunjukkan pukul 22.00, dan biasanya putri-putri kami sudah tidur.
Namun ternyata, Annisa kecil masih duduk di pojok kasurnya sambil tampak
berpikir keras. Melihat situasinya, istri saya, yang kebetulan sedang masuk ke
kamar mengambil sesuatu, jadi tidak jadi menegur, melainkan duduk diam-diam di
sisi kasur yang lain sambil memperhatikannya diam-diam. 



Lama-lama, ia
sadar juga diperhatikan. Tetapi reaksinya, ia malah langsung melempar
pertanyaan pada Ibunya, “Mama jangan malah-malah sama Nica, ya?”



“Kalau Adek Nica
ngga nakal, Mama kan ngga marah sama Adek Nica, ” jawab istri saya sambil
senyam-senyum



Annisa menggaruk-garuk
kepala, “Papa tuh malah-malah..”



“Ya itu soalnya
tadi Adek Nica ngga mau bobo’ kan waktu disuruh Papa ? Padahal kan ini udah
malem banget, lho..”



Annisa kecil
masih menggaruk-garuk kepala. Tetapi ia nampak tersenyum mendengar jawaban itu.
Lalu segera ia berbaring, mencoba tidur..



 



Sebenarnya yang
terjadi setengah jam sebelumnya adalah begini:



Kami, saya dan
istri, sedang menonton DVD, saat Annisa kecil tiba-tiba menyelinap keluar dari
kamar dan menirukan posisi saya tiduran dengan sebelah tangan menopang kepala sambil
menonton TV.



“Eh, Adek Nica
kok belon tidur ?”



“Mau sama Papa
aja ah, “ jawabnya.



Saya sebenarnya
nyengir dus geli mendengar jawaban APS (Asal Papa Senang) itu. Padahal sih niatnya masih kepingin nonton TV,
aja.. hehehe.. dasar..



“Kan ini udah
malem, Nica..”



“Papa belon
bobo..” sambil menuding saya, membandingkan..



“Kalo Papa kan udah
gede, bobo malem tetep bisa bangun pagi; nah kalo kamu bobo malem ntar ngga
bisa bangun pagi, loh..”  Saya jawab
demikian, soalnya Annisa selama ini selalu ingin ikut mengantar kakaknya
sekolah (playgroup), dan dengan
demikian ia ada kesempatan untuk mencoba beberapa alat permainan di sekolah
kakaknya.



Annisa
terduduk. Tapi nampaknya tengah berpikir untuk “ngeyel”.



“Nica mau ma’em
xxxxxx..” katanya menyebut merek sereal yang biasa mereka jadikan penganan tiap
sore.



“Ngga ada susu
sapinya..,” kata saya cuek, sambil terus nonton TV.



“Hm.. bialin.. Nica
mau ma’em xxxxxxxx aja..” katanya menyebut merek penganan lainnya



“Udah Papa
abisin..” jawab saya sekenanya, padahal sih sebenarnya saya ngga tahu apa masih
ada apa enggak penganan itu (sst, jangan
ditiru yah bo’ongnya....
:)



Saya sempat
melirik Annisa kecil, dan terlihat ia merengut kesal.



“Nica mau
gambal aja, ” mau menggambar, katanya.



“Jangan, ah..
Papa mau pake kertasnya, mau ngeprint..”



 



Sekali ini saya
lanjutkan menoleh, “Eh, anak kecil kalo jam segini kan bobo’ lho..Ntar
bangunnya kesiangan, loh..”



“Bialin..”



“Entar ngga
dikasih uang jajan sama Mama, loh..” saya tiduran lagi sambil komentar cuek,
iya lah wong TV-nya lagi asyik.. (hehehe,
ini juga jangan ditiru yah
?!)



“Bialin..”



“Entar ngga
bisa maen di sekolah Kak Chacha, loh..”



“Bialin..” tapi
kali ini saya menangkap ada nada mau menangis..



“Eh, kalo nakal
begitu, kalo Papa pulang, ngga keliling kompleks, loh..” saya sebut kebiasaan
saya kalau pulang dari kantor, bersama anak-anak itu naik kendaraan keliling
kompleks. Buat mereka, itu sudah jalan-jalan.. (^^V



Kali ini
nampaknya ampuh. Ia langsung bangun dan masuk ke kamar.



Saya sempat
takut tangisnya meledak di kamar, tapi ternyata tidak.





Tapi yah,  begitulah.. ternyata di dalam ia tetap tidak
bisa tidur, berpikir keras seperti tadi. Sampai ketahuan Mamanya..



 



Yah, memang
sebagai orangtua, sebaiknya bisa mengendalikan hawa nafsu, antara lain amarah.
Bukan ngga boleh marah, tapi mengendalikan amarah. Hal ini, saya yakin orangtua
mana saja akan berpendapat demikian  
Tetapi terus terang, setelah istri saya keluar dan menceritakan kejadian
di dalam, saya jadi baru mengerti bahwa “marah” yang harus dikendalikan bukan
“marah” versinya Papa Ari, tapi versi “Kakak Chacha” dan atau versi “Adek Nica”.



 



Hati-hati,
putra-putri Anda bisa jadi punya definisi “Papa marah-marah” yang berbeda
dengan Anda..



Sungguh, malam
itu memberi pelajaran berharga buat saya.



 



Bagaimana dengan
pengalaman Anda dengan putra-putri Anda ? Saya sungguh berharap lebih baik..





 



Salam, Ari Latoeng





6 comments:

  1. solusi yang paling tokcer (kadang2 ngga tokcer jg sih) adalah dengan memberi contoh,
    kalau kita mau anak kita tidur krn sudah malam ya kita hrus rela menghentikan aktifitas kita dan ikutan (pura2) tidur.. :d

    ReplyDelete
  2. Kalo anak saya otomatis jam 9 langsung masuk kamar untuk tidur ... saya biasa'in dari bayi, kalo malem tidurnya gak lebih dari jam 9. Tapi kalo malem minggu, saya bebasin mo tidur jam berapa aja ... atawa saya ajak dugem aja sekalian biar dia tau suasana diluar seperti apa ... bukan ambil contoh yg jelek loh ... tapi ambil yang baiknya.

    ReplyDelete
  3. setuju mbak, kadang2 seringnya kita malah ketiduran betulan hehehe (pengalaman pribadi dot kom)
    nah kalo kasus anak saya, dia suka pura2 tidur. giliran kita keluar lagi dan beraktivitas, entah itu kerja entah nonton, eh tau2 dia udah ada di samping kita lagi hehehe

    ReplyDelete
  4. ini memang satu problem besar bagi kami, untuk membiaskan mereka tidur teratur tiap harinya (kecuali malam libur, deh) soalnya susyah banget.. tapi sesulit2nya, jam 21.30 atau paling telat jam 22 ya tidur juga kecapean..
    cuman kan ngga sehat kayaknya buat anak2 kalo tidurnya jam segitu.. terutama karena jadi susah ngebangunin paginya. kadang2, saya berangkat ke kantor aja mereka masih kliyer-kliyer gitu..

    ReplyDelete
  5. wah .. gawat nhe anaknya Mas Ari ... pura-pura tidur n bangun lagi ... jangan sampe melihat yang tidak belum boleh dilihat.

    ReplyDelete

  6. waduh.. mudah2an ngga pernah.. hehehehe

    ReplyDelete