Tuesday, September 23, 2008

hikmah musibah

foto orisinil karya ryanfitro
link http://images.ryanfitro.multiply.com/image/4/photos/20/500x500/5/IMG-5860-2.JPG?et=getmoeyHqez0ygU37doizw&nmid=116792633


sabtu, 20-09-2008.

hari itu sebenernya rada menyebalkan. udara begitu panas sementara anginnya juga seolah berhenti bertiup. betul-betul membuat suasana hati ngga enak. yang rencananya mau jalan-jalan ke rumah saudara di timur jakarta dan dilanjut ke sebuah acara buka puasa harus batal karena mobil butut kami tidak mau menyala. betul-betul suasana hati kami buruk sekali. mungkin hari itu puasa kami tidak dapat ponten apa-apa selain lapar dan haus..:(

tapi sorenya, rasanya tidak tega melihat anak2 kami yang telanjur berharap jalan-jalan.. mau jalan-jalan ? hayuk lah. akhirnya saya mengajak istri dan ketiga krucil kami naik motor, menjelang buka puasa, ke acara buka puasa bersama kawan2 sebuah mailing list di McD Tebet --bukan karena sok mewah-mewah, melainkan karena kawan-kawan yang berhati mulia ini membuat acara buka puasa bersama anak2 yatim di sana. dan saya ingin berbagi kepedulian itu dengan anak-anak kami sehingga kami memutuskan membawa mereka semua serta.

well karena tidak dipersiapkan untuk "jadi" berangkat, kami tentu saja terlambat sampai di sana. sampai di sana, acara sudah hampir selesai dan praktis kami hanya seolah numpang kop-dar sambil makan.. berlalu hampir begitu saja hampir tanpa kesan..kepedulian yang ingin saya tanamkan pun sirna bagai impian

pulang, entah kenapa bensin yang tadi masih sepauh kini ada di bawah huruf E. kebetulan ada di simpang antara tendean dan bangka I, saya belokkan ke bangka I berharap para tukang jual bensin pinggir jalan belum tutup..
malangnya, kami tidak bernasib baik. persis setelah melalui tanjakan dan pertigaan Bangka II, motor kami mogoklah sudah..
dan terpaksalah kami lima anak-beranak berjalan kaki sambil mendorong motor ke tukang bensin terdekat --dengan catatan kalau masih buka.

tiba-tiba seorang tukang ojek menghampiri kami
"kenapa Bos ?"
"bensin abis Bang"
"lah emang tadi si Bos kagak ngecek tadi sebelum berangkat ?"
"nah orang tadi berangkat masi separoh Bang.."
dia terdiam sejenak, lalu bertanya, "nah ini mau kemana ?"
"jalan ampe nemu tukang bensin"
"wah.." sambil melirik jamnya, " mana ada tukang bensin pinggir jalan jam segini. udah gini aja, biar keluarga nunggu di sini di warung rokok sini istiahat, si Bos sama saya aja cari tukang bensin bawa kamari botolnya ntar dibalikin.."
bagus juga idenya. maka kami lakukan demikian

tukang bensin pinggir jalan memang cukup jauh adanya jam segitu. beruntunglah saya diantar pak ojek ini. saya beli bensin seliter saja, asal cukuplah sampai pom bensin betulan..

sampai kembali di motor, eh si Abang Ojek menolak dibayar.
"eh jangan, niat saya nolong Bos..Beneran lillahi ta'ala.."

sampai di situ, saya tahu bahwa kejadian hari ini memang sudah rencana-Nya.
jika saya tidak mengalami semua kejadian menyebalkan sebelumnya, mungkin saya ngga akan pernah bertemu Bapak yang sebaik ini.
ternyata MASIH ADA oang baik di dunia..
rasanya semua kejadian menyebalkan hari ini terhapus sudah oleh kebaikan hati Bapak ini

terima kasih TUHAN,
hari ini Engkau ajari kami untuk (mencoba) bersabar
hari ini Engkau ajari kami untuk terus berperilaku positif, bagaimanapun mengesalkannya hari yang kita alami
hari ini Engkau ajari kami bahwa di balik setiap "musibah" selalu ada hikmah yang bisa kami ambil

BR
ari.ams.latoeng.91

8 comments:

  1. Gue pikir elo naik si merah mas... secara kayaknya gak mungkin naik si coklat ke tebet ber-5, makanya gue cuek2 aja duluan.

    Tau gitu kan mba lia dan anak2 bisa bareng2 gue aja....

    ReplyDelete
  2. hehehe itu asli diniatin kok Yan.. makanya emang ngga kepikiran nebeng juga sih.

    tau nih si merah dodol nih.. udah kayak onggokan besi aja di garasi..kagak mau hidup. heheh

    ReplyDelete
  3. Selalu ada hikmah di tiap langkah kita, yang ini jelas 'dalem'...

    ReplyDelete
  4. terima kasih.. tapi "ini" itu maksudnya yang mana nih ?
    *menebak-nebak*

    ReplyDelete
  5. semoga Allah memberikan ketabahan kepada orang2 yang terkena musibah....

    ReplyDelete
  6. ..dan semoga musibah itu semakin meningkatkan kualitas iman mereka dan tidak terpuruk jadi bencana, amiyn

    ReplyDelete